Sunday, February 26, 2012

Materi Pelatihan Flash

 Materi Pelatihan Flash

Multimedia Pembelajara Interaktif 
Materi pelatihan flash yang kami kelola adalah sebagai berikut :
1. Pengenalan Flash
Flash merupakan program yang banyak digunakan, dari aplikasi sederhana sampai aplikasi yang sulit. Misalnya hanya sekedar membuat/menggambar karakter, animasi sederhana, banner sampai aplikasi yang berat/kompleks.
2. Pengelolaan Layer
Untuk mempermudah pengerjaan, terutama proyek yang agak rumit sampai tingkat lebih sulit, gunakan pengelolaan layer. Misalnya untuk membuat banner sederhana, ada layer latar belakang, layer gambar, dan layer tulisan. Gunakan fasilitas kunci layer, agar saat bekerja pada layer lain, maka tidak akan mengganggu layer yang dikunci.
3. Menggambar dan Mengolah Obyek
Berbagai bentuk gambar yang menarik dapat dihasilkan dengan menggunakan program flash. Dengan menggunakan bentuk-bentuk dasar, seperti garis, oval, persegi dan bentuk-bentuk lain dapat diperoleh hasil yang menakjubkan. 
4. Pengelolaan Teks
Teks pada flash ada 3 (tiga) jenis yaitu teks statik, dinamik dan input. Hanya teks dinamik dan  teks input yang bisa dikenai ActionScript dengan cara menambahkan variabel padanya.  Pengelolaan dasar dari teks meliputi pengaturan jenis, ukuran, maupun warna huruf (font).
5. Pengeloaan Animasi
Pada dasarnya animasi merupakan gabungan gambar-gambar atau obyek yang bergerak. Ada beberapa jenis animasi, yang pada dasarnya meliputi frame to frame animation, tweening animation maupun motion guide animation. Dan animasi ini lebih lanjut lagi dikembangkan, seperti dalam pembuatan efek masking.
6. Pengelolaan Simbol (movie clip dan button)
Untuk mempermudah pengaturan obyek, maka obyek tersebut harus berupa movie clip. Movie clip ini yang dapat diberi perintah ActionScript dan tersimpan di library sehingga dapat diambil kembali. Demikian juga, komponen button atau tombol merupakan obyek yang sangat penting untuk navigasi. Button ini juga tersimpan di library dan dapat diambil serta dikenai perintah ActionScript.
7. Pengelolaan Sound dan Video
Untuk menjadikan animasi atau program yang dibuat lebih hidup dan menarik, perlu disisipkan video maupun suara. Suara bisa diterapkan sebagai backsound maupun sebagai narasi.
8. ActionScript
Dimulai dari ActionScript dasar, seperti perintah stop, play, gotoAndStop, gotoAndPlay, nextFrame, nextScene sampai perintah yang komplek. ActionScript yang kompleks diterapkan misalnya dalam pembuatan simulasi maupun dalam pembuatan kuis atau evaluasi.
9. Publikasi
File .fla yang dibuat bisa dipublish dalam berbagai jenis file seperti .swf, .html .exe, .png, .jpg dan lain-lain.
10. Aplikasi
Aplikasi yang dibuat meliputi animasi sederhana sampai yang kompleks, seperti pembuatan banner, jam, animasi web, company profile, presentasi interaktif, multimedia pembelajaran interaktif  dan web full flash.

Demikian, materi pelatihan flash yang kami kelola. Bagi yang berminat untuk melaksanakan pelatihan/kursus/privat bisa datang langsung ke Perumahan Wirasana Indah Blok E No.10 Rt 01 Rw 06 Wirasana Purbalingga. Atau kunjungi http://arsyadriyadi.com, email : arsyadriyadi@yahoo.com atau sms ke 0281-5763606.
Posted by Ais Production
Ais Production Updated at: 6:57 AM

No comments:

Post a Comment