Event merupakan salah satu karakteristik pada ActionScript, yang artinya kejadian atau pemicu agar suatu perintah dijalankan.
Untuk mengidentifikasi suatu events diperlukan method addEventListener baru dilanjutkan dengan event dan fungsi atau perintah.
Tulisan merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya yanng membahas properties sebagai salah satu karakteristik pada ActionScript.
Pada tutorial kali ini menggunakan program Adobe Flash CS 6 menggunakan ActionScript 3.0
Sebelumnya persiapkan objek-objek sebagai berikut :
Lingkaran yang sudah dirubah menjadi Movie Clip dan diberi instance of : lingkaran_mc
Kemudian tombol-tombol yang diberi nama alpha_btn, rotate_btn, scale_btn, dan reset_btn
Diperoleh hasil seperti pada gambar
Kalau sudah siap, mari segera ACTION
Pada Script pane ketik kode ActionScript seperti berikut :
alpha_btn.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP,objekAlpha);
function objekAlpha(evt:MouseEvent):void {
kotak_mc.alpha = 0.5;
}
Kode ActionScript untuk membuat object transparan
Baris 1, setelah nama instance tombol alpha_btn dilanjutkan dengan addEventListener untuk mengidentifikasi MouseEvent. MOUSE_UP artinya ketika tombol diklik maka jalankan fungsi objeckAlpha.
Baris 2, untuk membuat function objekAlpha dengan pemicu atau event (evt:MouseEvent):void(.
Baris 3, setelah nama instance movie clip lingkaran_mc dilanjutkan dengan properties alpha = 0.5;. ActionScript ini digunakan untuk mengubah obyek kotak menjadi transparan 50%.
Berikut adalah kode ActionScript untuk merotasi objek
rotate_btn.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP,objekRotate);
function objekRotate(evt:MouseEvent):void {
lingkaran_mc.rotation = 45;
}
kode ActionScript untuk mengubah skala objek
scale_btn.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP,objekScale);
function objekScale(evt:MouseEvent):void {
lingkaran_mc.scaleX = 0.75;
lingkaran_mc.scaleY = 0.75;
}
Kode ActionScript untuk mengembalikan object seperti semula
reset_btn.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP,resetObjek);
function resetObjek(evt:MouseEvent):void {
lingkaran_mc.scaleX = 1;
lingkaran_mc.scaleY = 1;
lingkaran_mc.rotation = 0;
lingkaran_mc.alpha = 1;
}
Kalau dituliskan kode ActionScript itu adalah sebagai berikut
alpha_btn.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP,objekAlpha);
function objekAlpha(evt:MouseEvent):void {
lingkaran_mc.alpha = 0.5;
}
rotate_btn.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP,objekRotate);
function objekRotate(evt:MouseEvent):void {
lingkaran_mc.rotation = 45;
}
scale_btn.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP,objekScale);
function objekScale(evt:MouseEvent):void {
lingkaran_mc.scaleX = 0.75;
lingkaran_mc.scaleY = 0.75;
}
reset_btn.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP,resetObjek);
function resetObjek(evt:MouseEvent):void {
lingkaran_mc.scaleX = 1;
lingkaran_mc.scaleY = 1;
lingkaran_mc.rotation = 0;
lingkaran_mc.alpha = 1;
}
Selesai.
Selamat Mencoba
Sumber : Chandra. 2012. ActionScript Flash CS5 untuk Orang Awam. Palembang : Maxicom
om boleh tanya ...
ReplyDeletesaya buat pilihan ganda dengan as3. dengan lembar jawab ada pada 1 frame sejumlah 10 soal. misalnya.
pilihan ganda saya buat dengan movie clip tapi bentuknya seerti cekbox dengan sumsi ketika (pilihan - a misalnya) jika di klik maka akan ada centangnya. dan itu sudah berhasil
tapi muncl masalah ketika saya klik jawaban a. lalu saya ganti b lalu saya ganti a lagi, masalahnya kolom nilai / hasil pada frame hasil total nomor yg tadi seakan2 dikali 2x. itu pakainya apaya...
Langkah-langkah tutorial ga jelas, membingungkan
ReplyDeletefile fla disertakan biar bisa dipelajari
ReplyDelete