Saturday, February 25, 2012

Materi Pelatihan Blog

Materi Pelatihan Blog


Materi Pelatihan Blog
Materi Pelatihan Blog berbasis blogger yang kami kelola :

1. Membuat Blog baru dan posting sederhana
Meliputi mendaftarkan akun di google, membuat blog dan melakukan beberapa posting. 
2. Pengaturan dasar blog
Pengaturan dasar blog meliputi pengaturan widget,  menambah atau menghapus widget, seperti arsip, label/ketegori, popular post, sampai menampilkan statistika.
Dikenalkan juga pengaturan template bawaan dari blogger.

3. Mencari dan menerapkan template
Dimulai dengan mengenalkan berbagai jenis template untuk berbagai keperluan (pribadi, bisnis maupun komunitas). Selanjutnya menggunakan search engine untuk mencari template, melakukan preview, menyimpan, mengekstrak (jika perlu), sampai mengupload di blog yang sedang dibuat.
4. Mengatur template
Template yang sudah diupload, kemudian diatur sesuai kebutuhan, seperti penambahan header, membuat menu, maupun mengatur kembali widgetnya.
5. Melampirkan dokumen ke dalam blog
Dimulai dengan membuat akun di beberapa layanan upload dokumen, seperti di ziddu, scribd, fileden dan sejenisnya untuk melampirkan/menyimpan file *.doc, *.xls, *.ppt, *.swf dan lain-lain.
6. Mempercantik blog
Blog yang sudah dibuat dipercantik dengan mengambil widget dari luar, seperti jam, musik, game, dan widget lainnya yang diinginkan.
7. Membuat Kuis dan Penilaian
Materi ini terutama diberikan untuk pelatihan blog pembelajaran yang membutuhkan kuis atau alat evaluasi lain. Bisa menggunakan layanan online maupun menggunakan software flash.
8. Optimasi Blog
Blog yang telah dibuat lebih dioptimalkan dengan bantuan dari pihak ketiga, seperti flickr, digg, networkedblog dan sejenisnya. 
9. Teknik SEO
Teknik ini bertujuan agar blog yang  dibuat punya publisitas/kunjungan  yang tinggi, seperti terindeks di google, yahoo dan lain-lain.
10. Evaluasi
Pelatihan blog ini diakhiri dengan evaluasi yang memastikan blog yang telah diluncurkan layak publish dan terindeks dengan baik di berbagai search engine.


Demikian, materi pelatihan blog yang kami kelola. Bagi yang berminat untuk melaksanakan pelatihan/kursus/privat blog  bisa datang langsung ke Perumahan Wirasana Indah Blok E No.10 Rt 01 Rw 06 Wirasana Purbalingga. Atau kunjungi http://arsyadriyadi.com, email : arsyadriyadi@yahoo.com atau sms ke 0281-5763606.
Posted by Ais Production
Ais Production Updated at: 8:52 PM

2 comments: