Sunday, April 1, 2012

Aplikasi Flash

Aplikasi Flash


Sebenarnya program Adobe Flash (dulu Macromedia Flash) atau cukup ditulis flash saja, dapat digunakan untuk apa saja. Sekedar sebagai pemanis blog/website? Buat bikin game? Ataukah hanya sebagai program pembuat CD Pembelajaran Interaktif?
Setelah browsing di google maupun membaca/melihat buku-buku flash, ternyata flash banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Yang ringkasnya sebagai berikut :
1. Menggambar kartun
Menggambar kartun menggunakan flash sebenarnya tidak terlalu susah, asalkan telaten. Banyak buku yang membahas teknik menggambar kartun menggunakan flash, diantaranya buku dari Jubilee Enterprise yang berjudul Teknik Menggambar Kartun dengan Flash. Bagaimana mungkin kita akan membuat karya animasi atau film kartun tanpa diawali dengan menggambar tokoh-tokohnya maupun seting tempatnya.

2. Menggambar obyek secara realistik
Bukan hanya kartun saja yang bisa dibuat dengan flash, dengan menggunakan bitmap tracing maupun pemodelan sendiri, sebuah karya yang hampir sama dengan obyek yang nyata pun bisa terbuat dengan menggunakan flash.
Ada sebuah buku bagus yang membahas teknik menggambar obyek secara realistik, yaitu buku karangan Andik Taufik yang diterbitkan oleh Penerbit Informatika Bandung yang berjudul  Seni Menggambar Cantik Menggunakan Flash MX.
Contoh yang kami buat adalah menggambar dayung, yang hanya memanfaatkan line tool, rectangle tool dan pewarnaannya menggunakan gradien tipe linier.

3. Berbagai bentuk animasi
Mungkin bisa dikatakan bahwa flash identik dengan animasi. Ya, kenyataannya memang flash banyak digunakan bukan hanya membuat gambar saja, seperti di atas, tetapi lebih banyak untuk membuat gambar bergerak (animasi). Animasi yang dibuat bisa berbasis teks, gambar mapun kombinasi keduanya.

4. Profil
Membuat profil baik profil pribadi, lembaga, perusahaan dan lain-lain tentu mudah dibuat dengan menggunakan program flash. Dengan ActionScript-nya, profil yang dibuat bisa lebih menarik dan interaktif

5. Pembuatan game
Aplikasi flash untuk membuat game, tak perlu ditanya lagi. Banyak game-game flash bertebaran di internet. Tentunya untuk membuat game pakai flash butuh kemampuan yang lebih, baik dari sisi membuat karakter maupun skenario-nya. Butuh logika yang bagus..dan jangan lupa ActionScrript-nya.

6. Pembuatan Website 
Animasi flash banyak ditemukan di blog maupun di website, tetapi untuk membuat website yang full flash juga bukan hal yang sulit. Beberapa waktu lalu, ketika bandwidth jadi masalah, situs flash dirasa sangat berat. Tetapi untuk jaman sekarang, tentunya sudah tidak jadi masalah. Contoh situs flash yang keren www.deepcuts.com, http://www.orangedan.net/, http://www.philips.co.id/v1/ol/index.html, dan banyak yang lain.
 

7. Pembuatan multimedia pembelajaran interaktif/CD interaktif
Pembuatan multimedia pembelajaran interaktif / CD interaktif banyak ditemukan baik dalam versi terjual maupun download cuma-cuma. Untuk pembuatan aplikasi flash ini perlu direncanakan secara matang, baik dari sisi konten/isi, desain, sampai interaktifitasnya. Termasuk di sini adalah CD tutorial yang sering dijadikan bonus dari buku-buku komputer.

8. Membuat presentasi interaktif
Pembuatan presentasi menggunakan flash mempunyai banyak keunggulan, terutama sekali dengan dukungan ActionScript-nya yang memungkinkan lebih interaktif. Pengggunaan berbagai efek juga membuat presentasi lebih menarik. Presentasi ini dapat dijadikan sebagai media promosi suatu usaha maupun untuk memberikan informasi suatu kegiatan.

9. Membuat Kartu Ucapan
Kartu ucapan pun dapat dibuat dengan menggunakan program flash, contohnya ucapan selamat ulang tahun, tahun baru, selamat natal, selamat idul fitri dan sebagainya. Pembuatan kartu ucapan ini mirip dengan pembuatan karya animasi lain dengan durasi beberapa detik sampai beberapa menit.

10. Pembuatan Katalog
Katalog buku, daftar barang jualan maupun koleksi dapat dibuat dengan memanfaatkan unsur interaktifitas dari flash. Misalnya ditampilkan judul sebuah buku, kemudian judul tersebut di klik, kemudian muncul animasi buku yang dimaksud dan keterangan dari bukutersebut.

11. Aplikasi data base
Bagi yang tidak puas dengan menggunakan flash yang sifat kontennya statis, dapat mengkolaborasikan flash dengan program lain sehingga konten flash menjadi dinamis. Misalnya dengan mengkolaborasikan flash dengan XML, PHP dan MySQL. Di toko ada beberapa buku yang membahasnya.

12. Aplikasi lain
Aplikasi yang lain masih sangat banyak, misalnya untuk membuat menu interaktif, slide show, jam alarm, banner, bahkan sampai ke MP3 player maupun video player.

Bagaimana, tertarik dengan program flash? Belajarlah mulai sekarang dari hal yang mudah dulu. Salah satu prinsip yang saya pakai adalah ketidaktahuan tentang bahasa pemrograman jangan sampai menghalangi untuk belajar flash. Dengan bahasa lain..pokoknya belajar..ActionScriptnya sambil jalan.
Posted by Ais Production
Ais Production Updated at: 7:13 AM

No comments:

Post a Comment