Tuesday, April 3, 2012

Edunimasi Festival 2012

Edunimasi Festival 2012

Permasalahan ketidaksesuaian antara hasil yang dicapai oleh pendidikan dengan kebutuhan lapangan kerja menunjukkan masih belum optimalnya koordinasi penyelenggaraan pendidikan dengan dunia kerja. Kondisi selaras antara pendidikan dengan dunia kerja membutuhkan keterlibatan sekian banyak pemangku kepentingan sehingga upaya sosialisasi terkait upaya penyelarasan ini menjadi perihal yang penting untuk adilakukan.
Terkait hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia kembali menyelenggarakan lomba pembuatan klip animasi Edunimasi Festival bertema edukasi. Sebagaimana yang telah sukses dilangsungkan di 2011, lomba ini juga dimaksudkan untuk menyosialisasikan pentingnya penyelarasan pendidikan dengan dunia kerja. Pemilihan animasi dimaksudkan untuk menghindari adanya penokohan terhadap pribadi tertentu sekaligus untuk memberikan apresiasi pada dunia animasi di Indonesia pada umumnya dan pendidikan terkait animasi pada khususnya.
Edunimasi Festival 2012 terdiri dari dua tahapan lomba: 1) Lomba penulisan naskah animasi, dan 2) Lomba pembuatan klip animasi. Edunimasi Festival 2012 kini membuka kesempatan bagi kalangan umum untuk turut berpartisipasi. Hadiah total untuk lomba penulisan naskah adalah 37 juta untuk tiga pemenang dan hadiah total untuk lomba pembuatan klip animasi adalah 194 juta untuk tiga juara dari empat kategori dan empat juara favorit dari masing-masing kategori.
Informasi lengkap tentang lomba Edunimasi Festival 2012 bisa dilihat di www.edunimasi.com dan laman Facebook di facebook.com/edunimasi.

Edunimasi 2011 telah sukses digelar dan telah terpilih para juara dengan karya hebat mereka. Dan kini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menghadikan Edunimasi 2012 dengan sistem lomba dan hadiah yang lebih hebat lagi.
Berbeda dengan Edunimasi 2011, Edunimasi 2012 terdiri dari dua tahapan lomba:

1. Lomba Penulisan Naskah

Hadiah total untuk 3 pemenang = Rp 37 juta


1. Lomba Klip Animasi

Hadiah total untuk 16 pemenang = Rp 194 juta

Dalam hal ini, karya juara dari Lomba Penulisan Naskah akan menjadi bahan untuk membuat klip animasi.
Dan juga berbeda dengan Edunimasi 2011 yang dikhususkan pada pelajar, seluruh lomba Edunimasi 2012 juga bisa diikuti oleh umum! Lebih jauh dari itu, Anda diperbolehkan mengikuti dua lomba sekaligus, asal persyaratan tetap dipenuhi (misal: lomba naskah harus pribadi, lomba klip animasi harus tim)
Jadwal kita untuk 2012 adalah sebagai berikut:
  • Batas akhir pendaftaran lomba naskah animasi: Selasa, 10 April 2012
  • Pengumuman juara lomba penulisan naskah: Rabu, 18 April 2012
  • Batas akhir pengumpulan klip animasi: Senin, 2 Juli 2012
  • Pengumuman nominee: Rabu, 11 Juli 2012
  • Workshop pemantapan nominee: Senin-Selasa, 6-7 Agustus 2012
  • Batas akhir pengumpulan karya akhir: Rabu, 5 September 2012
  • Penjurian final dan penganugerahan juara: Senin-Selasa, 10-11 September 2012
Meskipun Lomba Klip Animasi belum dimulai, namun Anda sudah bisa mempersiapkan diri dengan membuat karakter dan segala environment. Dengan demikian, ketika naskah juara telah terpilih, Anda tinggal menggunakan cerita tersebut untuk tokoh dan segala resource yang telah Anda buat.

Ayo ikutan! Segera lah mendaftar :-)

Lihat syarat-ketentuan Lomba Naskah

Lihat syarat-ketentuan Lomba Klip Animasi

Silahkan informasi terkait lomba ini turut disebarkan. Meskipun panitia telah menyebar brosur dan melakukan publikasi di radio, televisi dan social media, namun ada kemungkinan informasi tentang lomba ini belum sampai ke teman-teman Anda.
Berikut adalah brosur yang bisa Anda unduh dan sebarkan sendiri di kalangan teman-teman dan relasi. Jika Anda membutuhkan brosur dengan dimensi cetak, silahkan menghubungi panitia@edunimasi.com

Brosur Lomba Naskah (1,7 Mb)


Brosur Lomba Klip Animasi (2,5 Mb)

Sumber : http://www.edunimasi.com/edunimasi-2012
Posted by Ais Production
Ais Production Updated at: 4:45 PM

No comments:

Post a Comment