Saturday, March 31, 2012

Menyisipkan Animasi Flash di Blog

Menyisipkan Animasi Flash di Blog

Salah satu kelebihan animasi yang dibuat menggunakan program flash adalah dapat dengan mudah diletakkan di blog Anda. Yang perlu diingat bahwa sebisa mungkin membuat animasi dengan ukuran sekecil mungkin, untuk mengurangi waktu loading. Salah satu caranya dengan memanfaatkan ActionScript. Tapi di sini tidak akan dibahas tentang ActionScript. Cukup kita punya animasi dalam bentuk .swf, baik yang kita temukan dengan mudah dengan search di google maupun animasi yang kita buat sendiri, kita upload ke salah satu layanan penyimpan file .swf, kopi alamatnya, buka blog Anda dan di posting edit html kasih skripnya.

Contoh kode skripnya adalah sebagai berikut :
<object classid="clsid:D27CDB6E-AE6D-11cf-96B8-444553540000" codebase="http://download.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab#version=5,0,0,0" height="150" width="300"> <param name="movie" value="http://www.fileden.com/files/2011/4/2/3107873//bola ngglinding.swf" />
<param name="quality" value="high" />
<embed src="http://www.fileden.com/files/2011/4/2/3107873//bola ngglinding.swf" quality="high" pluginspage="http://www.macromedia.com/shockwave/download/index.cgi?P1_Prod_Version=ShockwaveFlash" type="application/x-shockwave-flash" width="300" height="150" ></embed> </object>

Yang diberi warna merah adalah alamat file .swf yang dipasang di fileden.com. Tentunya kita perlu mendaftar dulu, baru bisa mengupload file .swf yang kita punya.

Di bawah ini contoh animasi yang dihasilkan dari skrip di atas. Sekali lagi jangan lupa untuk meletakannya di POSTING-HTM.


Meskipun di atas dicontohkan mengenai animasi, tidak kalah pentingnya kita bisa menyisipkan aplikasi program flash yang lain, seperti kuis/evaluasi, multimedia pembelajaran, presentasi, maupun produk-produk  yang penting dalam bentuk .swf. Hanya saja dalam hal ukuran file .swf , kita harus lebih bijaksana, karena tidak semua user mempunyai jaringan internet yang cepat (termasuk saya tentunya...hehheh)
Contoh kuis :



Bagaimana, mudah sekali bukan. Itulah salah satu kelebihan animasi maupun produk lain yang dihasilkan dari program flash. Selamat mencoba..semoga bermanfaat.
Contoh-contoh yang lain bisa juga dengan mengunjungi blog saya yang lain, yaitu http://arsyadriyadi.blogspot.com, sebuah blog yang berusaha mengkolaborasikan penerapan flash dalam pembelajaran fisika.
Posted by Ais Production
Ais Production Updated at: 2:06 PM

No comments:

Post a Comment