Saturday, March 21, 2020

Seri Literasi Digital : Internet Sehat

Seri Literasi Digital : Internet Sehat

Postingan mengenai Internet Sehat ini berasal dari materi Pelatihan Blog untuk pengurus OSIS yang dilaksanakan di salah satu sekolah di Purbalingga pada tanggal 20 Januari 2019.

Berbeda dengan pelatihan-pelatihan pembuatan blog pada episode sebelumnya, saya mengawalinya dengan pengetahuan internet sehat. Hal ini senada dengan gerakan literasi yang salah satunya memuat mengenai literasi digital.

Harapannya sebelum membangun blog dengan berbagai konten yang bervariatif, peserta dibekali dengan cara berinternet yang sehat, nyaman dan bertanggung jawab. Mau dan mampu membuat konten sendiri dan hati-hati dalam membagi berbagai macam informasi. Intinya sharing sebelum saring.

Secara umum, literasi digital diartikan sebagai  kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat dan mengkomunikasikan konten/informasi, dengan kecakapan kognitif maupun teknikal.

Mereka juga diberi pengetahuan awal mengenai hoaks.
Menurut KBBI :
hoaks = berita bohong
Menurut Merriam-Webster :
Hoaks : tindakan yang membuat sesuatu yang salah atau tidak masuk akal dapat dipercaya atau diterima sebagai sesuatu yang benar
Jadi, Hoaks dapat diartikan sebagai  berita/informasi yang tidak benar yang dibuat seolah-olah benat sehingga dapat dipercaya oleh orang lain.

Bagaimana mengenali hoaks :

  1. Diawali dengan kata-kata sugestif dan heboh
  2. Kerap mencatut nama tokoh-tokoh atau lembaga-lembaga terkena;
  3. Terdengar tidak masuk akal, sehingga kerap disertai dengan hasil penelitian palsu
  4. Tidak muncul di media-media arus utama, biasanya hanya beredar melalui pesan-pesan singkat atau situs yang tidak jelas kepemilikannya
  5. Biasanya disertai dengan penulisan huruf kapital dan tanda seru

Untuk lengkapnya bisa melihat tayangan berikut :



Atau  silahkan download

Posted by Ais Production
Ais Production Updated at: 4:06 AM

No comments:

Post a Comment