Wednesday, March 25, 2020

Belajar Inggris untuk Pemula

Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Bahasa Inggris untuk Pemula
Bahasa Inggris merupakan bahasa yang harus dikuasai untuk dapat bersaing di dunia internasional. Bagi seorang pemula, belajar bahasa Inggris ini bukanlah hal yang mudah. Bahkan yang sudah bertahun-tahun saja, belum tentu bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik.

Kalau dulu, ada jargon bebas 3 buta. Tiga buta yang dimaksud adalah buta aksara, buta angka, dan buta pengetahuan dasar. Untuk zaman sekarang, menerjemahkan ketiganya apa adanya tidaklah. Buta huruf yang dimaksud sekarang adalah buta bahasa Inggris. Buta angka yang dimaksud sekarang bukan sekedar bisa menghitung, tetapi bisa memahami laporan keuangan. Harus familiar dengan istilah cash flow, apa itu debit, kredit dan saldo. Dan terakhir tidak buta teknologi.

Tidak lucu kan, untuk mengirimkan kabar penting kepada seseorang harus membutuhkan waktu berhari-hari, baik lewat jasa pengiriman pos bahkan mendatangi langsung. Kenapa tidak menggunakan fasilitas sms, telepon, BBM, Whatsapp, facebook, twitter, e-mail dan fasilitas lain yang jauh lebih cepat dan hemat. Bagi yang belum mahir mengatasi ketiga buta tersebut jangan khawatir. Di sini kita akan belajar bersama-sama mengatasi salah satu dari ketiganya, yaitu belajar bahasa Inggris khusus bagi pemula.

Ketrampilan yang diperlukan untuk belajar bahasa Inggris yang baik dan benar meliputi ketrampilan membaca (reading), menulis (writing), mendengarkan (listening), mengucapkan (speaking) maupun menerjemahkan (translating). Ke-5 ketrampilan tersebut sebenarnya tidak bisa dipisah-pisahkan satu sama lain. Misalnya untuk berbicara dengan orang lain, tentunya kita juga mendengarkan. Artinya ketrampilan listening dan speaking jadi satu paket ketika melakukan dialog. Demikian juga ketika kita menulis, kita juga sekaligus menerjemahkan. Entah diterjemahkan dalam hati atau mungkin menulis dulu dalam versi bahasa Indonesia baru dituliskan dalam bahasa Inggris. Ketika kita menerjemahkan pun, ketrampilan memahami bacaan maupun memahami kaidah penulisan mutlak dikuasai. Kalau menghindari dari kegiatan membaca dan memahami kaidah penulisan, namanya bukan menerjemahkan tetapi hanya menggantikan kata-kata dari 1 bahasa ke bahasa lain. Sebagai pemula, belajarlah sedikit-sedikit dulu yang penting konsisten dalam belajar bahasa Inggris.

Bagi pemula, belajar bahasa Inggris ini tentunya juga banyak kendalanya. Dari minimnya fasilitas sampai banyak fasilitas tetapi tidak dapat mengatasi kebosanan/kejenuhan dalam belajar. Apalagi kalau kita merasa, sudah lelah belajar tetapi yang didapatkan hanya itu-itu saja. Kalau sudah seperti ini, ya sebelum menyerah mari kita introspeksi diri kita sendiri. Tujuan belajar bahasa Inggris itu untuk apa? Sekedar ingin tahu, sekedar coba-coba atau merasa sudah menjadi kebutuhan. Misalnya butuh memahami teks-teks/referensi berbahasa Inggris untuk menunjang sekolah maupun untuk menunjang pekerjaan kita. Ingin bisa cas cis cus chatting, baik via teks maupun video juga bisa menjadi motivasi yang kuat. Yang jelas, banyak hal yang bisa kita dapatkan/lakukan kalau bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik.

Demikianlah pengantar saya bagi para pemula  yang akan belajar bahasa Inggris. Kalau saya sendiri juga pemula. Dan saat ini ingin belajar bahasa Inggris sekaligus menuliskannya di blog. Semoga dengan cara ini, kemampuan berbahasa Inggris saya pun bisa meningkat dengan signifikan. Selamat belajar.


Posted by Ais Production
Ais Production Updated at: 8:16 PM

1 comment:

  1. mengartikan bahasanya bagus sekali , untuk belajar bahasa inggris di jaman sekarang ini seharusnya lebih gampang karena adanya internet yang dapat diakses dimana saja bukan berati tidak disarankan untuk Belajar Bahasa Inggris di lembaga pendidikan karena merekapun memiliki materi yang sudah disusun sehingga memudahkan kita untuk belajar apapun pilihannya yang penting komitmen dan ulangi terus dalam kesehariannya agar lebih spontan dalam berbicara Bahasa Inggris

    ReplyDelete