Saturday, March 21, 2020

Let's Write : Panduan Praktis Menulis Bahasa Inggris

Berbagai Macam Kesalahan dalam Berbahasa Inggris - Wisnubroto WidarsoBerbagai macam kesalahan dalam bahasa Inggris banyak ditemukan bukan hanya dilakukan bagi pemula yang sedang belajar, tetapi sangat mungkin ditemukan pada siapapun meskipun sudah bertahun-tahun belajar bahasa Inggris.

Kesalahan-kesalahan dalam berbahasa Inggris ini, saya dapatkan dari buku Let's Write : Panduan Praktis Menulis dalam Bahasa Inggris yang dituliskan oleh Wisnubroto Widarso. Omong-omong mengenai buku ini, sebenarnya dalam beberapa tahun lalu (1992) sebagian besar isi buku ini pernah diterbitkan oleh penulis dalam bukunya yang berjudul Kiat Menulis dalam Bahasa Inggris.

Hanya saja untuk edisi cetakan tahun 2013 ini banyak dimasukkan hal-hal baru terutama terkait dengan perkembangan internet, khususnya dalam blog maupun e-mail. Ya, memang cara paling cepat tulisan kita cepat dikenal salah satunya dengan menuangkan dalam blog maupun lewat e-mail. Ini yang menjadi salah satu pertimbangan selain cepat dikenal, juga merupakan cara cepat untuk belajar menulis dalam bahasa Inggris.

Ada 7 buah kesalahan yang dimaksudkan dalam buku karangan Wisnubroto Widarso ini. Kesalahan-kesalahan ini diurutkan berdasarkan sering tidaknya kemunculannya.
1. Grammatikal Mistake
Kesalahan berbahasa ini terkait dengan dengan penggunaan grammar atau tata bahasa dalam bahasa Inggris.
2. Lack of Concord
Kesalahan ini terkait dengan ketidaksesuaian antara nomina yang berfungsi sebagai subjek dengan verbanya.
3. Wrong Choice of Words
Kesalahan ini terkait dengan pemilihan kata yang tidak tepat. Hal ini bisa terjadi karena banyak kata-kata dalam bahasa Inggris yang bermakna beda tetapi dalam bahasa Indonesianya sama.
4. Lack of Parallel Structure
Kesalahan ini terkait dengan ketidaksesuaian antara unsur-unsur yang terdapat dalam suatu kalimat.
5. Run-on and Comma Sentences
Kesalahan ini terkait dengan kalimat yang sambung menyambung tanda ada tidak koma yang jelas yang membuat pembaca kehabisan napas untuk membaca/memahami teks yang dimaksud.
6. Sentences Fragments
Kesalahan ini terkait dengan fragmen atau penggalan-penggalan dari sebuah kalimat yang utuh.
7. Similar-Word Trap
Kesalahan ini muncul karena penulis terjebak dengan kata-kata yang mirip baik dalam ejaan maupun dalam pengucapannya.

Demikian jenis kesalahan dalam berbahasa Inggris. Tentunya masih banyak kesalahan-kesalahan lain yang ditemukan. Dan banyak buku yang membahas tentang hal tersebut.

Untuk detil dari jenis kesalahan-kesalahan dalam berbahasa Inggris bisa dilihat dalam postingan selanjutnya. Semoga kami selalu diberi semangat untuk terus belajar dan berbagi khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris.


Posted by Ais Production
Ais Production Updated at: 8:10 PM

No comments:

Post a Comment