Saturday, June 18, 2011

Pengenalan Flash

Pengenalan Flash


Sumber : http://www.logoeps.net/
Mengapa Flash? Dengan menggunakan flash maka kita dapat membuat presentasi, game, animasi, desain web maupun aplikasi lain dengan lebih interaktif.
Aplikasi yang menggunakan flash dapat dibuat  lebih menarik dengan menambahkan animasi, video, efek suara, bahkan hanya menambahkan gambar serta efek lainnya. Selain itu, untuk meningkatkan interaktifitas dengan pengguna perlu ditambahkan ActionScript baik AS2 maupun AS3 (lebih recomended).

Flash memiliki banyak kelebihan dibanding aplikasi lain dengan hasilnya dalam .swf maupun .html yang berukuran kecil. Hal ini sangat cocok buat saya (bahkan pengguna lain di Indonesia) yang bermasalah dengan bandwidth.  Ukuran file yang kecil dimungkinkan, karena flash berbasis vektor. Beda kan dengan gambar bitmap yang makan memori dan ruang penyimpanan.

Dengan dukungan berbagai fiturnya, banyak aplikasi yang dapat dibuat menggunakan flash, diantaranya :
a.    Animasi
Termasuk di dalamnya adalah pembuatan banner (iklan), kartu ucapan online, kartun dan sebagainya.

b.    Games
Games dibuat dengan memadukan kemampuan membuat animasi yang menawan dan dukungan logika untuk membuat lebih interaktif dengan ActionScript dari program Flash.
Bahkan sudah banyak games yang memadukan flash dengan aplikasi 3D seperti Flare 3D, Unity, 3DMax dan sejenisnya.

c.    User interface (antar muka)
Flash telah banyak digunakan untuk membuat web. Bukan hanya sekedar sebagai interface tetapi ada juga web yang full flash. Di dalamnya sampai membuat navigasi  dari interface yang sederhana sampai interface yang kompleks. Dalam perkembangannya, web site berbasis flash dikolaborasikan dengan program lain seperti PHP dan MySQL.

d.    Flexible Messaging Area (FMA)
Penggunaan FMA dapat digunakan untuk terus mengupdate informasi. Misalnya, FMA pada suatu situs  rumah makan yang dapat menampilkan menu utama tiap harinya.

e.    Rich Internet Application (RIA)
Aplikasi RIA ini bisa berbentuk kalender online, katalog toko, sistem pendidikan dan ujian online dan aplikasi lain yang menggunakan remote data dengan interface rich secara grafis.
Posted by Ais Production
Ais Production Updated at: 9:12 PM

No comments:

Post a Comment