Friday, January 30, 2015

Membuat Animasi Guide Menggunakan Flash

Membuat Animasi Guide Menggunakan Flash

Membuat animasi guide bisa dilakukan dengan mudah menggunakan flash. Animasi guide dapat diartikan sebagai animasi yang mengikuti suatu lintasan atau alur yang telah ditentukan. Berbagai jenis animasi dapat dibuat dengan menggunakan animasi ini, misalnya animasi bumi mengitari matahari, animasi benda yang bergerak berubah-ubah dan lain-lain.

Kalau sudah siap, mari buka program flash yang kita punya bisa versi macromedia maupun versi flash. Untuk tutorial membuat animasi guide ini menggunakan Adobe Flash CS6.
1. Buka lembar kerja baru
2. Klik kanan Layer 1 dan pilih Add Classic Motion Guide

Animasi guide menggunakan flash












Tampilan layer hasil dari penambahan  Add Classic Motion Guide

Animasi guide menggunakan flash










3. Buatlah garis bebas saja, misalnya garis berlekuk-lekuk yang akan dijadikan sebagai guide. Tentunya garis tersebut diletakkan pada frame 1 layer Guide : Layer 1
Animasi guide menggunakan flash
Masih  dalam Guide : Layer 1, klik kanan frame 40 kemudian pilih Insert frame. Langkah ini digunakan untuk memperpanjang tampilan garis lengkung hingga frame 40.
4. Buatlah obyek, misalnya berbentuk bola pada frame 1 Layer 1.Pada frame yang sama, klik kanan frame 40 dan pilih Insert Keyframe. 
Letakkan obyek bola tersebut pada ujung awal garis lengkung yang dijadikan guide.
Pada frame 40 pindahkan posisi obyek bola tersebut. Kemudian letakkan obyek bola tersebut pada ujung garis lengkung yang dijadikan guide.
Animasi guide menggunakan flash

5. Di antara frame 1 - 40 pada Layer 1, klik kanan layer tersebut dan pilih Create Classic Tween.

Animasi guide menggunakan flash

Posted by Ais Production
Ais Production Updated at: 6:13 PM

No comments:

Post a Comment