Tuesday, May 5, 2015

Pemrograman GUI Swing Java dengan NetBeans 5

Pemrograman GUI Swing Java
Judul Buku : Pemrograman GUI Swing Java dengan NetBeans 5
Penulis : G. Sri Hartati, B. Herry Suharto dan M. Soesilo Wijono
Penerbit : Andi Offset
Cetakan : I
Tahun Terbit : 2007]
Jumlah Halaman : XXIV + 632 halaman
ISBN : 979 - 763 - 646 - 1
Harga : -

Buku Pemrograman GUI Swing Java dengan NetBeans 5 ini membahas dasar-dasar pemrograman Java GUI memakai IDE NetBeans 5. Acuan yang dipakai adalah JDK 5.0, khususnya paket JFC/Swing. Dalam buku ini juga dibahas fitur-fitur dasar dari IDE NetBeans.

Dasar-dasar pemrograman Swing yang akan dibahas meliputi arsitektur Swing, pemakaian content-pane dan top-level container (JFrame, JApplet dan JDialog), event dispatching thread, look and feel, event-handling, berbagai layout, beberapa komponen dan kontainer Swing, model, icon, mnemonic, perancangan, dan pemrograman GUI (applet dan aplikasi) , pemrograman dengan image dan sound, pemrograman database dalam Netbeans, pemakaian JTable, serta komponen JavaBeans GUI.

Selain itu juga dibahas dasar-dasar pemakaian IDE Netbeans serta berbagai fitur yang dimilikinya. Mulai dari pengenalan Source Editor, Matisse GUI Builder, dasar-dasar pemrograman GUI dengan konsep free-design di dalam Netbeans, berbagai fitur cerdas dari editor, berbagai jendela dan wizard, serta debugging.

Buku ini berfokus pada fitur-fitur dan teori dasar sehingga membatasi diri hanya pada aplikasi standar GUI JFC/Swing yang mendasar. Aplikasi web, enterprise dan micro/mobile tidak dibahas dalam buku ini.

Kupasan lain dapat dilihat di  Pemrograman GUI Swing Java dengan NetBeans 5.


Posted by Ais Production
Ais Production Updated at: 9:05 AM

No comments:

Post a Comment