Saturday, March 28, 2015

Belajar Pemrograman Game Menggunakan Flash

Belajar Pemrograman Game Menggunakan Flash
Belajar Pemrograman Game Menggunakan Flash dipilih sebagai awal belajar flash secara sistematis. Tahap demi tahap hingga akhirnya menghasilkan produk tertentu.
Banyaknya hal yang dipelajari dari flash, termasuknya banyaknya sumber daya baik yang didapatkan dari berbagai buku edisi hard maupun soft (baca ebook) sekaligus berbagai source code baik gratisan maupun berbayar, bukannya membuat belajar flash menjadi sistematis. Tetapi akhirnya belajarnya benar-benar acak.

Cara belajar flash secara acak di sisi lain memang membuat lebih cepat ketika ingin membuat sebuah produk. Misalnya ingin membuat media pembelajaran interaktif. Tinggal siapkan program flash-nya. Siapkan materinya. Untuk ide flashnya bisa googling mencari contoh desain, syukur menemukan produk/animasi/simulasi yang mirip sebagai referensi. Diolah sedemikian hingga, akhirnya selesai desain/perancangan. Berbagai masalah ketika mengimplementasikan desain/rancangan yang telah dibuat bisa dengan bertanya sama teman, mengotak-atik sendiri, maupun dengan mencari berbagai referensi yang mirip-mirip. Nah pada tahap inilah, belajar acaknya dimulai.

Di awali dengan membuat efek animasi tertentu. Misalnya masking, cari tutorial tentang masking. Menginginkan membuat berbagai menu yang menarik. Cari teknik pembuatan navigasi. Ingin membuat animasi/simulasi mobil bergerak, ya cari tutorialnya. Butuh efek transisi antar halaman/frame, kita cari tentang itu. Butuh membuat evaluasi agar soal muncul secara acak, ya cari tutorial/source codenya. Demikian seterusnya sampai urusan packingnya. Hasilnya memang terbuatlah sebuah produk multimedia pembelajaran secara cepat.

Masalah muncul, ketika harus membagikan ilmunya pada orang lain. Misalnya mengajari anak-anak di sekolah. Mengajarnya pun acak. Susah dicerna. Tidak sistematis. Tak punya target yang jelas dan seterusnya.

Berawal dari latar belakang seperti inilah, tulisan ini dibuat. Selain sebagai ancang-ancang sebagai bahan ajar bagi para siswa, yang rencananya akan dilakukan setelah ujian nasional (setelah bulan mei), sekaligus adanya keinginan membuat tutorial yang runtut.

Sumber utama dari tutorial ini, menggunakan buku Beginning Game Programming with Flash. Pemilihan buku ini bukan tanpa alasan. Setelah dibaca sekilas serta dicoba beberapa contoh latihannya, buku ini nampaknya cocok sebagai panduan bagi pemula. Bahasanya sederhana serta penyajiannya juga sistematis.

Berikut ini adalah isi dari buku dari Beginning Game Programming with Flash
Chapter 1 Introduction to Flash
Chapter 2 Introduction to ActionScript
Chapter 3 Interactivity-Adventure Game (Treasure Hunt)
Chapter 4 Animations
Chapter 5 Game Development
Chapter 6 Array and Movie Clip Methods
Chapter 7 Loops and Arrays in Flash : Simple Simon Game
Chapter 8 High Scores Game
Chapter 9 Math and Physics for Games
Chapter 10 Project ; A Quiz Using Snakes and Leaders

Ya, kira-kira begitu tutorial yang akan dibuat, diawali dengan pengantar flash, pengantar actionscript, memahami interaktivitas melalui game petualang perburuan harta karun (interaktivitas sederhana), pengenalan animasi, pengembangan pembuatan game, Array dan Movie Clips, Loop dan Array (melalui game Simon Sederhana), Membuat Game Berskor, Dasar-dasar matematikan dan fisika dalam game serta diakhiri dengan membuat proyek : kuis melalui game ular tangga.

Kelihatannya simple khan. Tetapi dalam perjalanannya tentu tidak semudah yang dibayangkan. Tetapi asalkan fokus, tidak tergoda untuk mempelajari dahsyatnya aplikasi flash yang lain serta berbagai gangguan/godaan lain. Yakinlah tutorial ini akan terprogram seperti yang telah direncanakan.

Untuk versi flash yang akan digunakan yaitu Adobe Flash CS6, dengan ActionScript 3.0 nya. Meski sebenarnya tidak harus pakai Flash CS6. Asalkan menggunakan versi Adobe Flash CS3 ke atas, okelah. Yang penting menggunakan ActionScript 3.0,

Semoga tulisan mengenai belajar pemrograman game menggunakan flash ini bermanfaat dan dapat direalisasikan dengan segera. Action...action..action
Posted by Ais Production
Ais Production Updated at: 1:50 PM

No comments:

Post a Comment